Analisis Website

Home / Artikel / Analisis Website

Apa sih bedanya web dengan blog? Toh sama-sama tulisan yang dikirim di internet.” . Sepengetahuan saya yang membedakan antara web dan blog itu adalah fungsinya. Biasanya blog itu berfungsi sebagai media penulisan tulisan-tulisan kita. Sedangkan web itu sendiri banyak sekali fungsinya. Ada yang mengatakan kalau blog itu yang ada embel-embelnya .wordpress.com, .blogspot.com atau yang lainnya. Tapi sebenarnya tidak karena blog atau bukan itu dilihat dari isinya.

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Bahkan perbedaan ini sempat juga dibahas di tikabangetdotcom . Situsnya jelas-jelas berbentuk blog namun dia mengklaim bahwa itu bukan blog. Karena tidak menggunakan nama domain seperti blogspot (yang ada kata-kata blognya). Padahal jika kita lihat, dia menggunakan wordpress juga, namun dia hanya mengganti ganti tema dan punya domain dan hosting sendiri.

Website terbagi menjadi dua yaitu website statis dan website dinamis.
Website Statis:
Informasi yang berada di halaman web nya diubah secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Dan untuk melakukan perubahan konten tersebut selain diperlukan keahlian dasar mendesain web, juga biasanya menggunakan software teks editor seperti Notepad, Frontpage atau Dreamweaver. Singkatnya, pengunjung website model ini tidak dapat menentukan informasi apa yang ingin dilhatnya, dan tetap pada informasi apa yang ditawarkan.
Website Dinamik:
Penjelasan nya bisa panjang dan mungkin malah membingungkan nantinya.
Untuk mudahnya, contoh website yang menggunakan model ini seperti website forum, blog, e-commerce, berita, search engine, dan masih banyak lagi.
Jadi yang jelas bisa dikatakan bahwa blog adalah website juga, cuma fungsi nya mungkin yang berbeda dengan website-website lain nya. Blog sudah pasti situs web, situs web belum tentu berupa blog.

Ada beberapa alamat web: http://harrywardana.net, http://www.wartajazz.com, http://jforjessy.wordpress.com. Apa perbedaan dari ketiga alamat web tersebut? http://harrywardana.net merupakan sebuah blog. Di harrywardana.net,terjadi “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana. BDisana tidak hanya sedekedar “memberikan informasi” pada pengunjung atau bisa di bilang ada percakapan dengan media tulisan.

Http://www.wartajazz.com adalah website. Why?? Yea dilihat dari isinya. Di wartajazz.com, pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang. Publiser hanya “memberikan informasi” pada pengunjung walaupun pengunjung masih bisa memberikan komentar. Lebih tepatnya, wartajazz.com adalah website dinamik.

Http://jforjessy.wordpress.com adalah sebuah blog??? Dilihat dari alamatnya saja sudah jelas bahwa ini adalah sebuah blog. Pada kasus ini yang menyediakan layanan adalah wordpress.com. Sebuah blog, tulisan-tulisannya diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan. Pada website pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, sedangkan blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana. Blog tidak hanya sedekedar “memberikan informasi” pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”. Dan kesimpulannya http://jforjessy.wordpress.com adalah blog.

Kalau masih bingung antara web dan blog, saya punya penjelasan yang lebih jitu. Perbedaan antara blog dan web adalah apabila blog terdiri dari huruf B huruf L huruf O dan huruf G sedangkan WEB terdiri dari huruf W huruf E dan huruf B” . Hehe ^^ Pisss Couyy!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *