Daftar Isi Kesuksesan

Home / Catatan / Daftar Isi Kesuksesan

i. Mengenal Diri Sendiri
Bagaimana aku akan bahagia menjalani hidup ini jika aku tak tahu diriku sendiri. Jika aku tak tahu sapa diriku, gimana orang lain? Jika aku tak tahu, berarti aku tak tahu aku akan kemana dan aku tak tahu apa yang harus aku lakukan. Jika aku tak tahu, berarti selama ini aku hanya mengikuti arus. Jika aku tak tahu, berarti aku sekarang harus mencari tahu dan harus tahu. Jika aku tahu sapa diriku, aku akan tahu apa yang harus kulakukan dan aku bisa bahagia dengan apa yang aku lakukan.
Sukses merupakan cita-cita setiap manusia, manusia yang masih punya ketahuan tentang dirinya. Orang yang tahu akan dirinya dia akan tahu potensi dirinya, kesenangan, dan juga dia tau apa yang diinginkannya sehingga dia tahu apa yang harus dia lakukan. Menurut penelitian, hanya sedikit orang yang tau menau akan dirinya dan tau tentang impiannya. Sehingga mereka hanya terbawa arus, mereka hanya mengikuti kata orang yang sebenanya tak ada hati untuk melakukannya. Setidaknya kita tahu makna sukses yang cocok dengan diri kita. Kita akan terfokus dan kitapun senang menjalani proses apa yang kita lakukan menuju impian kita.

ii. Silaturahmi Membawa Rizaki
Tidak sedikit cerita yang mendulang rizeki hanya karena silaturahmi. Mendapatkan pekerjaan karena silaturahmi, mendapatkan informasi yang bonafit karena silaturahmi, mendapatkan informasi beasiwa karena silaturahmi. Silaturahmi memang memperluas dan memudahkan rizeki untuk kita. Salah satu contoh, ada seseorang yang suka silaturahmi. Ke Bandung, Bogor atau jakarta, silaturahmi ke teman-temannya. Suatu saat bos teman yang disilaturahmi itu tanya,”Saya membutuhkan sesorang yang seperti mu untuk bekerja disini.” Dia bingung,”Emang gimana yang seperti aku?” Dia mengartikan orang itu adalah teman dekatnya orang yang berada disekitarnya. Langsung saja dia bilang ke bosnya,”Ada Pak.” Dia langsung menghubungi teman yang suka silaturahmi tadi. Begitulah perusahaan besar mencari orang bekerja diperusahaannya. Perusahaan tidak mempublish info lowongan pekerjaan, tapi dengan bertanya dulu orang-orang yang berada di perusahaan.

Ada lagi, Dosen saya dapat beasiswa cuma karena iseng-iseng daftar yang saat itu infonnya dari temannya. Terus Kakak Eff dapet proyek yang bonafit cuma gara-gara silaturahmi ke pamannya. Ada banyak cerita lain, sungguh silaturahmi punya banyak fadilah.

iii. Temukan Ketenangan Batin
Ketenangan batin merupakan sesuatu yang dicari-cari orang didunia ini. Apalah arti banyaknya materi tanpa ada batin yang tenang. Setiap orang mempunyai hobi, mempunyai sesuatu yang senang melakukannya. Tapi ada juga yang tidak punya kesenangan, sekali lagi karena mereka tak tau sapa dirinya.

Jika informatika adalah jiwaku maka jalanilah jika tidak keluarlah untuk mencari jiwamu yang sebenarnya. Ada paradigma lain bahwa ketengan batin adalah tidak egois. Apalah arti batin kita tenang tapi orang-orang disekitar kita, orang-orang yang kita cintai dan orang-orang yang mencintai kita tidak tenang batinnya.

iv. Mengelola Waktu
Hidup ini merupakan serangkaian waktu yang kita isi dengan aktivitas-aktivitas. Kualitas hidup seseorang tergantung dia menggunakan waktunya. Waktu merupakan harta yang sangat berharga yang kita miliki. Kalo kita tidak bisa menggukan waktu, tidak bisa memenej waktu, maka hidup ini tak kan berarti. Orang-orang besar, menggunakan setiap detiknya dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, sehingga hidupnya penuh makna. Tak ada orang sukses yang menyianyiakan waktu, karena waktu adalah senjata orang sukses.

v. Murah Hati Dengan Sukses
Sukses itu bukanlah sesuatu yang sulit, bukan juga suatu yang rahasia tapi sukses itu merupakan hak setiap orang. Ambil hak kita, sukses bukan hanya hak orang-orang yang terlahir dari keluarga terhormat, keluarga yang kaya raya tapi sekali lagi sukses adalah hak setiap orang, setiap orang yang mau sukses. Tidak sedikit cerita perjalanan orang sukses yang mereka itu dari keluarga kurang mampu atau pas-pasan hanya saja mereka mempunyai jiwa yang kuat untuk mencapai sukses, mencapai cita-citanya.

vi. Kisah Pembelajaran Yang Tiada Akhir
“Stay Hungry, Stay Foolish” merupakan rumus penting untuk orang-orang yang pengen sukses. Orang yang merasa dirinya bodoh, akan selalu ingin belajar disetiap kesempatan yang ada. Orang yang haus akan ilmu, dia akan belajar kepada siapa saja dan dimana saja, tidak pernah malu untuk belajar. Tetapi orang yang merasa dirinya pintar, dia akan malas untuk belajar karena merasa dirinya sudah tau. Merasa pintar adalah jurang kehancuran. Oleh karena itu, merasa diri kita kosong, memudahkan kita untuk selalu belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *