Kuliah

Home / Catatan / Kuliah

Dalam hidup ini kita akan melewati waktu demi waktu walau tak terasa waktu begitu cepat berputar. Kuliah merupakan belajar lanjutan dari sekolah menengah atas. Melanjutkan ke perguruan tinggi yaitu untuk belajar secara khusus sesuai jurusan yang diambilnya.

Begitu banyak perguruan tinggi di Indonesia. Ribuan lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya. Tapi kenapa masih banyak pengangguran yang notabenenya adalah orang-orang yang terpelajar atau sarjana. Mengapa hal seperti ini terjadi? Ini terjadi karena salahnya sistem pendidikannya ataukah salah mahasiswa yang belajar diperrguruan tinggi.

Mai kita tengok, orang Indonesia yang belajar ke luar negeri, mereka tidak menjadi sampah tapi malah menjadi orang-orang yang masuk peringkat atas. Kita ibaratkan perguruan tinggi adalah tempat jahit dan bahannya adalah mahasiswa. Tempat jahit merupakan tempat untuk menjadikan bahan menjadi baju, baju tersebut nantinya bisa dipakai orang. Orang-orang yang masuk perguruan tinggi “dijahit” untuk menjadi “baju” yang bisa dipakai. Ini menunjukkan bukan salah mahasiswa tetapi ada yang salah dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Keluar dari masalah sistem pendidikan, banyak juga lulusan perguruan tinggi yang sukses, berguna bagi masyarakat luas, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan bisa menjadi orang yang diandalkan bangsa Indonesia. Mengapa demikian? Apakah mereka memang diciptakan untuk menjadi orang yang sukses? Ataukah karena mereka lahir dengan begitu banyak bakat? Ternyata jawabannya tidak, mereka sukses karena mereka mempunyai mimpi atau tujuan yang jelas. Mereka masuk kuliah mempunyai visi yang jelas, mereka bisa menjelaskan mengapa mereka kuliah, dan mereka kuliah bukan karena mengikuti teman-temannya tetapi karena memang mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

Dalam hidup khususnya kuliah memang harus punya tujuan. Ibarat kita berada diterminal, bus adalah kampus, kemudian kita asal masuk bus tanpa tau bus itu tujuan mana. Apa yang akan terjadi? Sampaikah ketempat yang kita inginkan? Tujuan, mimpi atau visi sangat diperlukan untuk kita hidup dalam melakukan segala sesuatunya. Impian akan menjadi kompas yang akan menunjukkan arah kemana kita akan melangkah. Impian membuat semua panca indra membantu kita untuk mencapinya. Impian menentukan prioritas terhadap apa yang kita lakuan dan impian meramalkan masa depan kita. Masa depan kita tidak jauh dari impian kita. Hari ini adalah impian hari kemarin dan hari esok adalah impian hari ini.

Dalam film 3 Idot tersirat banyak makna, Rancho yang menjadi bintang dalam film tersebut mengatakan, “Mengapa aku selalu juara? Karena mekanika adalah jiwaku. Jalani pekerjaan yang kau cintai. Jika saja ayahnya Mariah Carey menyuruh untuk menjadi insinyur, jika saja ayah Jet Lee menyuruhnya menjadi penyanyi, apa yang akan terjadi?”. Selain mempunyi impian, untuk menjadi seorang yangs sukses kita juga harus mengenali diri kita sendiri, mengetahui potensi dan mengetahui apa membuat kita enjoy untuk menjalaninya. Orang lain tidak bertanggung jawab terhadap kesuksesan kita, mari kita rumuskan impian, temukan potensi dalam diri kita dan kita pastikan kita menjadi salah satu orang yang sukses yang berguna bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *