Menjadi Seorang Pemimpin

Home / Motivasi / Menjadi Seorang Pemimpin

Pada hakekatnya, setiap orang adalah pemimpin, pemimpin bagi dirinya sendiri. Menjadi orang yang disiplin tepat waktu, itu karena kepemimpinan dirinya. Ibadah dengan baik, berperilaku yang baik, itu karena kepemimpinan dirinya sendiri. Shodaqoh, menolong orang lain, berucap yang baik, itu juga karena kepemimpinan dirinya sendiri. Itu berarti melihat kepemimpinan seseorang terhadap dirinya, bisa dilihat dari tindak-tanduk dalam kehidupannya sehari-hari. Untuk melatih dan memaksa seseorang, biasanya diciptakan reward dan punishment. Seorang yang mempunyai kepemimpinan yang baik, tak membutuhkan reward dan punishment, karena yang dilakukannya berawal dari kesadaran hati.

Memimpin diri sendiri berbeda dengan memimpin orang banyak. Untuk menjadi pemimpin terhadap orang banyak, dibutuhkan kelebihan khusus. Kabar baiknya, kelebihan itu bisa dilatih. Kelebihan yang dibutuhkan adalah visioner, mempengaruhi, dan dipercaya. Banyak hal yang dipelajari dan dilakukan oleh seorang pemimpin. Terkadang harus berkorban menrmorterakhirkan kepentingan pribadi yang bertolak belakang dengan nafsu. Seorang pemimpin mempunyai pandangan bahwa dirinya bertugas untuk melayani. Itu berarti, mengutamakan orang lain dari pada diri sendiri. Tapi pemimpin bukan berarti harus tertindas, pastinya melayani dan mengutamakan orang lain dalam batas batas tertentu.

Bagaimana seseorang bisa dipercaya jika hanya berkoar-koar tanpa memberi contoh. Bagaimana seseorang bisa meyakinkan orang lain, jika dirinya saja tak percaya terhadap apa yang disampaikan. Bagaimana orang akan mengikuti, jika dia saja tak tahu kemana harus melangkah.

Setiap orang bisa menjadi pemimpin untuk orang banyak. Tapi pemimpin tidak lahir begitu saja. Butuh perjuangan dan pengorbanan. Tak bisa sekejap mata seseorang bisa menjadi pemimpin. Banyak proses yang keberanian, komitmen, dan kejujuran menjadi hal wajib yang harus dimiliki. Banyak bertindak, banyak berguru, dan pastinya banyak instrospeksi diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *