Kita bisa memulainya dengan Bersyukur

Home / Motivasi / Kita bisa memulainya dengan Bersyukur

Setiap orang mencari kebahagiaan dalam hidupnya. Bahkan apa yang dilakukan adalah untuk mencari kebahagiaan. Ada yang sudah mendapatkan kebahagiaan itu, tapi ada yang sudah mencari dengan susah payah, tetapi belum mendapatkannya. Entah apa perbedaan antara kebahagiaan, kesenangan, ketenangan. Tapi yang jelas ketiganya bermuara dihati. aku tak tahu dengan jelas perbedaannya, atau mungkin malah sama.

Setiap orang sadar atau tidak mempunyai definisi kebahagiaan sendiri-sendiri. Definisi tersebut terbentuk dari pengalaman, pengetahuan, dan wawasan yang dimilikinya. Definisi yang terpatri dalam hatinya tersebut membuat perbedaan apa yang dilakukannya kepada kehidupan. Ada juga dari mereka yang malah tak mau melakukan apa-apa, itu karena mereka tak mempunyai definisi kebahagiaan, sehingga mereka tak mempunyai harapan hidup, atau malah mereka memahami bahwa mati adalah jalan terbaik untuk bahagia.

Semestinya manusia bisa bahagia apapun keadaannya. Tapi perbedaan antara kenyataan dengan kondisi yang diinginkan, telah membutakannya untuk mempunyai hidup bahagia. Malah menganggap hidupnya tak beruntung, menyedihkan, atau sejenisnya. Bagaimanan mungkin seseorang akan bahagia jika menerima keadaanya saat ini aja tidak bisa?

Kebahagiaan itu ada dalam hati. Memang terkadang kebahagiaan itu dipengaruhi sesuatu diluar hati. Tapi ketika kebahagiaan berasal dari luar, maka cepat atau lambat kebahagiaan itu akan segera hilang, ntah karena sesuatu dari luar itu hilang atau karena berlalunya waktu. Tapi jika kebahagiaan itu berasal dari hati, apapun yang terjadi akan tetapi bahagia. Ibarat danau yang dangkal, ketika hujan atau perahu lewat, airnya sangat mudah keruh. Tapi berbeda ketika danau itu dalam, tak mudah air itu keruh.

aku tidak mengatakan, seseorang tidak membutuhkan apa atau siapapun untuk bahagia, tetapi aku hanya ingin mengatakan seseorang bisa bahagia dalam kondisi apapun. Jika saat ini kita tak merasakan kebahagiaan, kita bisa memulainya dengan bersyukur.

 

 

 

One Comment

  • “Jika saat ini kita tak merasakan kebahagiaan, kita bisa memulainya dengan bersyukur.”
    Alhamdu………………………………lillah 😀 😀

    semoga bahagia selalu pak ustadz joss :))))
    aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *