Pak Habibie dan Bu Ainun

Home / Catatan / Pak Habibie dan Bu Ainun

saya ingin sekali belajar tentang cinta. seperti pak habibie kepada ibu ainun dan sebaliknya. bukan cinta sesasat. bukan cinta yang bersyarat. cinta yang tumbuh dalam hati yang bisa mencintai segala kekurangan dan kelebihannya. cinta yang selalu ada untuknya, apapun yang terjadi. bersama dalam kepahitan dan juga kebahagiaan hidup. mengerti, peduli, dan selalu mencurahkan kasihnya. tak hanya ketika awal pertemuan saja, tapi selalu sampai kapanpun. rela berkorban untuk kebahagiaan keluarga. mengesampingkan ego untuk kepuasan sendiri. bahkan seperti menyerahkan segenap jiwa raganya. setia dalam penderitaan, setia dalam kebahagiaan dan setia dalam kebersamaan.

hidup tak selamanya bahagia. itu benar.
hidup tak selamanya seperti apa yang kita harapkan. itu benar.
hidup penuh dengan lika-liku. itu benar.
hidup penuh dengan cobaan. itu benar.
hidup penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. itu benar.

tapi tak semua orang bisa memahaminya dengan baik. putus asa, mengeluh, menghindar, menyalahkan dan lain-sebagainya atas apa yang diterimanya. Hanya orang-orang yang cerdas yang bisa memahaminya dengan baik yang tergambar dari segala pemikiran dan perbuatannya.

Apakah jabatan, uang yang berlimpah atau dunia dengan segala pernak-perniknya yang akan membahagiakan? saya gak bilang ya atau tidak. tapi yang jelas bukan itu yang membuat bahagia. tapi adalah mensyukuri apa yang kita miliki sekarang. ya sekarang, bukan kemaren atau nanti. karena yang kita miliki adalah saat ini. ya, saat ini.

Seperti bu ainun yang bilang kepada pak habibie,”kalau saya diberi kesempatan untuk hidup sekali lagi, saya tetap pilih kamu.” Dan seperti kata pak habibie kepada bu ainun,”Hanya kau yang paling cantik ainun.” Mereka berdua menganggap bahwa satu sama lain adalah sempurna, tak ada yang lain yang lebih.

Itulah kebersyukuran keduanya yang membuat cinta mereka begitu mendalam. the true of love. Itulah cinta yang ingin saya pelajari dari mereka berdua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *