Leadership

Home / Leadership / Leadership

Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan setiap orang. Hidup sendiri ataupun hidup dalam kelompon, kemampuan kepemimpinan sangat diperlukan. Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi atau memberi contoh dalam upaya mencapai tujuan. Dalam konteks pemimpin terhadap diri sendiri, setiap orang merupakan pemimpin terhadap keyakinannya, pikirannya, dan juga aktivitasnya. Dalam konteks organisasi, kepepimpinan merupakan daya pengaruh terhadap orang-lain. Mereka punya pengikut karena pengaruhnya. Merekalah yang menyebut pemimpin terhadap seseorang yang berpengaruh terhadap dirinya.

Dalam dunia spiritual, dunia kerja, dunia rumah tanggan dan juga organisasi, topik kepemimpinan selalu menarik. begitu banyak buku yang membahas tentang kepemimpinan. Buku buku tersebut memberikan nasehat tentang siapa yang harus ditiru, apa yang harus diraih, apa yang harus dipelajari, apa yang harus diperjuangkan, perlu tidaknya pendegelasian, perlu tidaknya berkolaborasi, kualitas pribadi kepemimpinan, bagaimana meraih kepercayaan, bagaimana menjadi pemimpin yang otentik dan masih banyak lagi topik topik tentang kepemimpinan.

Saya tertarik dengan buku salah seorang motivator leadership indonesia dalam buku leadership. Kepemimpinan diri identik dengan kesuksesan dan kemulian. Dalam buk tersebut dikatakan kesuksesan ditandai dengan tingginya nilai 4-TA (harta, takhta, kata, dan cinta) dalam hidup. Sedangkan kemuliaan ditandai dengan besarnya nilai manfaat yang mampu kita berikan untuk lingkungan sekitar kita. Semua kekuatan yang dibutuhkan sudah ada dalam diri kita masing-masing. Kita hanya perlu membangunkan kekuatan-kekuatan itu agar dapat mencapai prestasi-prestasi besar, meraih kesuksesan, dan menebarkan kemuliaan di manapun kita berada. Kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan untuk menentukan ke mana hidup akan kita arahkan, apa-apa saja yang ingin kita lakukan dalam hidup ini, dan jalan mana yang harus kita tempuh untuk mencapainya.

Begitu menariknya topik kepemimpinan, sampai tak pernah habis untuk dibahas disetiap banyak sesi diskusi, baik di kalangan organisasi, pendidikan, keluarga ataupun di keagaamaan. Kepemimpinan menjadi kemampuan yang dianggap bisa mengubah kehidupan seseroang ataupun kehidupan organisasi. Pemimpin yang cakap dianggap mensejakterakan kehidupaan, baik kehdiupan pribadinya ataupun orang-orang disekitarnya. Makanya kemampuan kepemimpinan menjadi kemampuan yang tidak akan pernah mati disepanjang kehidupan ini untuk dipelajari, bahkan oleh orang yg sakit parah pun, karena orang yang sakit pun butuh kemampuan hatinya untuk terus bisa bangkit, terus berkarya, terus bermanfaat. Pada akhirnya, kemulianlah yang akan dicari dari kepemimpinan, menjadi obor yang bisa menerangi sekitarnya, karena sesungguhnya sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *